Serapan Anggaran DKI Tak Maksimal, PDIP Sebut TGUPP Anies Jadi Biang Kerok

Rabu, 02 November 2022 – 17:51 WIB
Serapan Anggaran DKI Tak Maksimal, PDIP Sebut TGUPP Anies Jadi Biang Kerok - JPNN.com Jakarta
Anggota DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono saat diwawancarai wartawan di gedung DPRD DKI, Rabu (10/8). Foto: ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

jakarta.jpnn.com, KEBAYORAN LAMA - Serapan anggaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta 2022 berada di angka 57,69 persen pada Selasa (2/11) sore.

Berdasarkan informasi di laman publik.bappedadki.net, realisasi belanja langsung dan belanja tak langsung Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp 43,7 triliun dari total alokasi Rp 75,75 triliun.

Rendahnya serapan anggaran ini menuai protes dari Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono.

Dia menuding Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) zaman Gubernur Anies Baswedan sebagai biang kerok rendahnya serapan anggaran di 2022 ini.

Dia menyebutkan banyak program kerja Pemprov DKI di tahun ini yang justru disusun TGUPP.

"Program yang didaratkan di dinas A sebetulnya inisiatornya bukan kepala dinasnya, tetapi mungkin inisiatornya muncul dari TGUPP. Sehingga dalam eksekusi mereka jadi setengah-setengah, karena itu yang terjadi penyerapannya akan rendah," ucap Gembong saat dihubungi, Selasa.

Anggota Komisi A ini menuturkan selama masa kepempinan Gubernur Anies Baswedan, TGUPP sering mengintervensi terhadap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Hal itu mengakibatkan jajaran Pemprov DKI tak bekerja maksimal dan program tidak dijalankan secara baik.

Rendahnya serapan anggaran ini menuai protes dari Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono
Facebook JPNN.com Jakarta Twitter JPNN.com Jakarta Pinterest JPNN.com Jakarta Linkedin JPNN.com Jakarta Flipboard JPNN.com Jakarta Line JPNN.com Jakarta JPNN.com Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jakarta di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia