Trotoar di Depan Kedubes AS Kembali Difungsikan untuk Pejalan Kaki, Lihat

Minggu, 11 Juni 2023 – 08:23 WIB
Trotoar di Depan Kedubes AS Kembali Difungsikan untuk Pejalan Kaki, Lihat - JPNN.com Jakarta
Pejalan kaki sudah bisa melewati trotoar di depan kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (10/6/2023). ANTARA/Siti Nurhaliza

jakarta.jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali membuka trotoar di depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat malam (9/6).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut pembukaan akses trotoar itu berlangsung pukul 22.00 sampai 23.00 WIB, Jumat (9/6) dengan memindahkan beton MCB (moveable concrete barrier).

Heru menyebut pengangkatan beton MCB itu dilakukan oleh Dinas Bina Marga DKI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI.

"Disaksikan juga keamanan Kedubes AS," ujar Heru dihubungi, Sabtu.

Sebelumnya, Heru mengaku sudah berkoordinasi dengan Dirjen Amerika dan Eropa (Amerop) Kementerian Luar Negeri terkait pembongkaran blokade tersebut.

"Saya sudah bicara dengan Pak Dirjen Amerop, sedang dikomunikasikan dengan baik oleh Kemenlu ke Kedubes AS," jelas Heru.

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Sung Y Kim pun bersedia membuka penutup trotoar di depan kantornya dan siap berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia.

Dia mengatakan aksesibilitas, keamanan, dan 'walkability' adalah faktor pertimbangan penting untuk kota besar seperti Jakarta,

"Kami menyambut baik dan menantikan kerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk pembukaan kembali trotoar di depan Kedubes AS," kata Sung Y Kim seperti dikutip lewat akun Twitter resminya @USAmbIndonesia, Selasa lalu.

Trotoar di depan Kedubes AS yang sejak lama dipasangi beton hingga kawat berduri, kini bisa dilalui pejalanan kaki.
Facebook JPNN.com Jakarta Twitter JPNN.com Jakarta Pinterest JPNN.com Jakarta Linkedin JPNN.com Jakarta Flipboard JPNN.com Jakarta Line JPNN.com Jakarta JPNN.com Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jakarta di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia