Hasil Survei Trust: Calon Pj Gubernur DKI Ini Tempati Posisi Pertama

Minggu, 02 Oktober 2022 – 21:21 WIB
Hasil Survei Trust: Calon Pj Gubernur DKI Ini Tempati Posisi Pertama - JPNN.com Jakarta
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri yang dicalonkan menjadi Pj gubernur DKI Jakarta, Bahtiar saat mengikuti sebuah acara di Jakarta pada beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

jakarta.jpnn.com, KEBAYORAN LAMA - Lembaga survei Trust Indonesia mengungkapkan tingkat kepuasan masyarakat Jakarta terhadap tiga calon penjabat (Pj) gubernur DKI Jakarta untuk menggantikan Anies Baswedan.

Peneliti Trust Indonesia Ahmad Fadli mengatakan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar menempati posisi pertama jika dibandingkan dengan dua calon lain berdasarkan kepuasan masyarakat.

Bahtiar berada di peringkat pertama dengan tingkat kepuasan kinerja 76,2 persen, disusul Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali (52,4 persen), dan Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono (36,1 persen).

"Nama Pak Bahtiar unggul dari tingkat kinerja, mulai dari kapasitas dan integritas, pengalaman, antikorupsi dengan tingkat kepuasan 76,2 persen," ungkapnya.

Dia menjelaskan survei dilakukan secara daring dengan populasi survei meliputi responden pakar (expert) yang dianggap memiliki pengetahuan mendalam mengenai tiga calon Pj gubernur DKI Jakarta 2022.

Para responden pakar itu terdiri dari delapan profesi, yaitu birokrat, akademisi, pengusaha, tokoh masyarakat, media (pers), aktivis mahasiswa, LSM, dan pengamat politik.

Fadli mengatakan, jika dilihat dari hasil key opinion leader, para pakar diwawancara mengarah kepada dua calon Pj Gubernur, yakni Bahtiar dan Marullah Matali.

"Untuk key opinion leader kita tidak perlu menggunakan jumlah responden seperti popularitas, elektabilitas karena untuk opinion leader di sini kita mengunci kepada expert saja dan tidak harus KTP asal DKI Jakarta," tutur Fadli.

Berdasarkan hasil survei Trust, calon Pj Gubernur DKI Jakarta ini menempati posisi teratas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jakarta di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia