BPOM Tarik 5 Merek Obat Sirop, Pamflet Berisi Imbauan Sudah Tersebar

Jumat, 21 Oktober 2022 – 23:16 WIB
BPOM Tarik 5 Merek Obat Sirop, Pamflet Berisi Imbauan Sudah Tersebar - JPNN.com Jakarta
Anggota Polresta Metro Jakarta Barat menempelkan pamflet merek obat yang ditarik di apotek wilayah Jakarta Barat, Jumat (21/10). Foto: ANTARA/HO-Polres Jakarta Barat

jakarta.jpnn.com, KEBAYORAN LAMA - BPOM menarik peredaran lima merek obat jenis sirop, yakni Termorex sirop (obat demam), Flurin DMP sirop (batuk dan flu), Unibebi Cough sirop (batuk dan flu), Unibebi demam sirop (obat demam), dan Unibebi demam drops (demam).

Polres Metro Jakarta Barat memberikan edukasi kepada warga dengan menempelkan pamflet berisi daftar obat sirop yang dilarang dan ditarik BPOM dari sejumlah apotek dan toko obat itu pada Jumat (21/10).

Dengan begitu, masyarakat mengetahui jenis obat yang tidak layak dikonsumsi guna mencegah penyakit gagal ginjal akut.

"Kami turun ke sejumlah apotek untuk melakukan edukasi dan pemasangan pamflet stiker tentang merek-merek obat yang telah ditarik peredaran oleh BPOM," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Haris Kurniawan saat dikonfirmasi, Jumat.

Haris mengatakan pihaknya juga mengimbau seluruh apoteker tidak menjual obat tersebut dalam beberapa waktu ke depan.

"Kami juga akan mengerahkan petugas binmas untuk memberikan edukasi larangan pemakaian obat tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat mengimbau apotek di seluruh kecamatan agar tidak menjual obat-obatan berbentuk sirop untuk sementara waktu.

"Tidak menarik tetapi mengarantina atau tidak memberikan dahulu. Apotek diimbau tidak menjual obat bebas dengan sirop kepada masyarakat," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Erzon Safari pada Kamis (20/10).

BPOM menarik peredaran lima merek obat sirop. Pamflet berisi imbauan sudah tersebar
Facebook JPNN.com Jakarta Twitter JPNN.com Jakarta Pinterest JPNN.com Jakarta Linkedin JPNN.com Jakarta Flipboard JPNN.com Jakarta Line JPNN.com Jakarta JPNN.com Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jakarta di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia