Begini Jurus Cepat Sembuhkan Demam pada Anak tanpa Obat Sirop, Simak nih

Kamis, 27 Oktober 2022 – 17:29 WIB
Begini Jurus Cepat Sembuhkan Demam pada Anak tanpa Obat Sirop, Simak nih - JPNN.com Jakarta
Anak yang mengalami demam cukup diberi asupan makanan yang mencakup protein dan vitamin. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jakarta.jpnn.com, KEBAYORAN LAMA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta membagikan tips makanan yang bisa mempercepat penyembuhan demam pada anak untuk meminimalkan penggunaan obat sirop.

"Makanan mudah dengan konsentrasi lembut, misalnya, nasi ditim, diberikan lauk berkuah kaldu, misalnya, sup," kata Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti di Jakarta, Kamis (27/10).

Dia mengatakan sup dengan aneka sayuran ditambah lauk berupa ikan atau ayam dapat menjadi pilihan untuk mempercepat penyembuhan demam anak.

"Disajikan hangat, warna menarik, anak doyan makan, selain minum cukup tidak hanya cairan, juga lauk berkuah, itu tambahan cairan," katanya.

Selain mencukupi kebutuhan air, kuah berkaldu juga menjadi salah satu sumber cairan bagi anak saat demam.

"Harapannya ada asupan cukup memadai, soto, sup itu positif saat demam. Jadi, protein ada, vitamin juga ada," katanya.

Dia menambahkan demam, batuk, dan pilek merupakan suatu reaksi atas infeksi dari virus atau kuman. Apalagi peralihan musim hujan yang rentan menimbulkan gejala demam bagi anak berusia di bawah lima tahun atau balita.

Meski begitu, dia meminta orang tua tidak panik apabila buah hatinya demam. Dengan kecukupan cairan dan kompres air hangat, dapat membantu menurunkan demam.

Dinkes DKI membagikan tips mempercepat penyembuhan demam pada anak, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jakarta di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia