Alasan Pengamat Tata Kota Ini Minta Seluruh Jalur Sepeda Jakarta Diaudit, Oh Ternyata

Selasa, 22 November 2022 – 19:38 WIB
Alasan Pengamat Tata Kota Ini Minta Seluruh Jalur Sepeda Jakarta Diaudit, Oh Ternyata - JPNN.com Jakarta
Jalur sepeda di Flyover Cakung, Jakarta Timur, Senin (19/4). Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jakarta.jpnn.com, JAKARTA - Pengamat tata kota Nirwono Yoga angkat bicara soal jalur sepeda di Ibu Kota yang tidak banyak dilintasi pesepeda.

Bahkan, hal ini kini tengah menjadi perbincangan serius masyarakat Jakarta terkait pemanfaatannya oleh publik akhir-akhir ini.

Untuk itu, Nirwono mendorong Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mengaudit seluruh jalur sepeda yang ada di Ibu Kota.

Menurut pakar tata kota Universitas Trisakti itu, di Jakarta, Selasa, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI dapat melibatkan komunitas pesepeda untuk mengevaluasi jalur yang sudah ada tersebut.

"Harus dicari tahu mengapa jalur sepeda yang ada tidak banyak dilintasi pesepeda, apakah jalurnya tidak sesuai dengan rute pesepeda dan mengapa banyak jalur sepeda diokupasi oleh parkir liar dan dibiarkan tidak ada penertiban," ujarnya.

Nirwono juga mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk menggencarkan edukasi dan sosialisasi terkait penggunaan jalur sepeda serta mengajak masyarakat untuk membangun budaya bersepeda.

"Pj Gubernur dapat menetapkan setiap minggu sekali, seluruh ASN naik angkutan umum atau bersepeda atau berjalan kaki dalam beraktivitas ke kantor untuk menjadi contoh kepada masyarakat dalam menurunkan polusi udara," katanya.

Lebih lanjut Nirwono juga menyarankan Heru Budi untuk mengeluarkan kebijakan perihal penanganan polusi udara di Jakarta.

Pengamat tata kota Nirwono Yoga angkat bicara soal jalur sepeda di Ibu Kota yang tidak banyak dilintasi pesepeda.
Facebook JPNN.com Jakarta Twitter JPNN.com Jakarta Pinterest JPNN.com Jakarta Linkedin JPNN.com Jakarta Flipboard JPNN.com Jakarta Line JPNN.com Jakarta JPNN.com Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jakarta di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia