CFD di Sudirman Sepi Pengunjung pada Pekan Pertama Ramadan

Minggu, 26 Maret 2023 – 13:53 WIB
CFD di Sudirman Sepi Pengunjung pada Pekan Pertama Ramadan - JPNN.com Jakarta
Petugas membersihkan kawasan di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Foto: Redemptus Elyonai Risky Syukur/Antara

jakarta.jpnn.com - JAKARTA - Hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta sepi pengunjung pada akhir pekan pertama Ramadan tahun ini.

Tak banyak warga yang datang ke lokasi CFD meskipun gelaran hari bebas kendaraan itu tetap digelar seperti biasa pada pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.

Masih ada sejumlah orang yang beraktivitas jalan santai, lari pagi, ataupun bersepeda bersama keluarga, teman, ataupun seorang diri.

"Kali ini hampir tidak ada sampah plastik. Walaupun masih ada yang teledor membuang sampah sembarangan. Paling hanya sampah dedaunan yang gugur dari pohon-pohon sepanjang Jalan Sudirman," kata Ahmad (51), yang bekerja sebagai petugas kebersihan di Jalan Sudirman.

Ahmad menjelaskan, pada CFD sebelumnya biasanya menyisakan sejumlah sampah di lokasi kegiatan yang didominasi sampah plastik. Adapun yang membuat petugas kebersihan kewalahan, kata Ahmad, adalah sampah-sampah yang diselipkan di antara tanaman dan di dalam pot-pot di sepanjang pinggir Jalan Sudirman.

"Kami sebenarnya tidak apa-apa membersihkan sampah-sampah itu, karena memang itu kerjaan kami. Namun, tempat sampah sudah banyak ditempatkan di sepanjang pinggir Jalan Sudirman, tidak jauh dari tempat oknum-oknum itu membuang sampah. Padahal kan tinggal jalan sedikit, lalu buang sampahnya di tempat sampah," ujar Ahmad.

Petugas Unit Pelayanan Perparkiran Jakarta Timur, Hotler, yang ditempatkan pada spot Chaze Plaza, di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat mengatakan sepinya pengunjung kawasan CFD juga berkaitan dengan minimnya aktivitas dari pihak swasta atau partisipan yang biasanya digelar di kawasan tersebut.

"Acara-acara partisipan seperti konser dan acara lainnya pada car free day (CFD) tahun ini (2023) ditiadakan karena mengingat CFD tahun ini bertepatan dengan momen bulan puasa," kata Hotler.

Sepinya pengunjung kawasan CFD juga berkaitan dengan minimnya aktivitas dari pihak swasta.
Facebook JPNN.com Jakarta Twitter JPNN.com Jakarta Pinterest JPNN.com Jakarta Linkedin JPNN.com Jakarta Flipboard JPNN.com Jakarta Line JPNN.com Jakarta JPNN.com Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jakarta di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia