Dinkes DKI Sebut 135 Anak Terkena Gagal Ginjal, Kemenkes Beri Obat Penawar Gratis

Jumat, 28 Oktober 2022 – 15:44 WIB
Dinkes DKI Sebut 135 Anak Terkena Gagal Ginjal, Kemenkes Beri Obat Penawar Gratis - JPNN.com Jakarta
Ilustrasi penyakit gagal ginjal akut misterius pada anak di Jakarta. Foto: Antara

jakarta.jpnn.com, KEBAYORAN LAMA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mencatat 135 anak terkena gangguan gagal ginjal akut progresif atipikal atau acute kidney injury (AKI) selama Januari-Oktober 2022.

"Kasus per 27 Oktober total 135 anak, tetapi ini total dari Januari. Kami aktif Januari sampai 27 (Oktober) kemarin. Kami akan update lagi sesuai dengan hasil hospitality record review," kata Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti saat diwawancara di Rusun Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (28/10).

Widyastuti mengungkapkan, dari total 135 kasus balita gagal ginjal akut misterius, 63 balita meninggal dunia, 46 balita sembuh, dan sisanya masih menjalani perawatan.

Dia menegaskan tidak semua pasien gangguan gagal ginjal akut atipikal berdomisili di Jakarta namun menjalani perawatan di rumah sakit Jakarta.

"Data DKI tadi tidak semuanya berdomisili di DKI Jakarta, tetapi semua adalah balita yang kebetulan memang dirawat di rumah sakit di DKI Jakarta," katanya.

Sementara itu, Dinkes DKI Jakarta memberikan gratis obat penawar atau antidotum gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak.

"Antidotum diberikan dari Kementerian Kesehatan ke fasilitas-fasilitas kesehatan sesuai kebutuhan," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, rumah sakit yang merawat pasien gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak dapat mengajukan langsung kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Dinkes DKI mencatat 135 anak terkena gagal ginjal akut misterius. Kemenkes memberikan gratis obat penawarnya
Facebook JPNN.com Jakarta Twitter JPNN.com Jakarta Pinterest JPNN.com Jakarta Linkedin JPNN.com Jakarta Flipboard JPNN.com Jakarta Line JPNN.com Jakarta JPNN.com Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jakarta di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia