Survei SPIN: 70,4 Persen Masyarakat Setuju Prabowo Gabung ke Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf

Senin, 20 Februari 2023 – 20:02 WIB
Survei SPIN: 70,4 Persen Masyarakat Setuju Prabowo Gabung ke Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf - JPNN.com Jakarta
Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) merilis bahwa 70,4 persen responden setuju terhadap keputusan Prabowo Subianto bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI. Foto: Ricardo/JPNN

jakarta.jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei terkait kepemimpinan nasional 2024.

Hasilnya menunjukkan, 70,4 persen responden setuju terhadap keputusan Prabowo Subianto bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI.

Hasil ini menjadi sangat menarik lantaran sebelumnya terdapat narasi yang menyebut jika sejumlah pendukung Prabowo kontra atas keputusannya bergabung dengan Kabinet Indonesia.

“Sebagian besar publik atau 70,4 persen setuju dengan sikap Prabowo yang bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Angka persentase ini sangat meyakinkan sekaligus mengejutkan mengingat isu dan analisa yang dikembangkan berbagai pihak bahwa pemilih Prabowo 2019 mayoritas akan menolak sikap tersebut,” demikian dikutip dari keterangan resmi SPIN, Senin (20/2).

Survei ini kemudian juga memotret bagaimana pemilih Jokowi pun memiliki kecenderungan yang sama, dengan memberikan apresiasi positif terhadap sikap Prabowo tersebut.

Terbukti dengan 35,4% dari total populasi merupakan mereka yang memilih Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 lalu dan menyatakan setuju dengan sikap Prabowo bergabung ke dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Sementara pemilih Prabowo-Sandi yang menyatakan setuju mencapai 26,1%. Hanya sebagian kecil pemilih Jokowi-Ma'ruf dan pemilih Prabowo-Sandi yang menyatakan tidak setuju.

Bergabungnya Prabowo dengan pemerintah kemudian dibuktikan melalui kinerjanya yang tidak main-main. Untuk itu, selaras dengan hasil survei SPIN, sebanyak 13,3 persen responden menyebut, Menhan Prabowo dan Kementerian Pertahanan merupakan menteri atau kementerian yang dinilai memiliki komitmen kerja paling nyata dan konkret.

Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei terkait kepemimpinan nasional 2024.
Facebook JPNN.com Jakarta Twitter JPNN.com Jakarta Pinterest JPNN.com Jakarta Linkedin JPNN.com Jakarta Flipboard JPNN.com Jakarta Line JPNN.com Jakarta JPNN.com Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jakarta di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia