Mobil Tilang Elektronik Kini Dilengkapi Kecerdasan Buatan

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 15:00 WIB
Mobil Tilang Elektronik Kini Dilengkapi Kecerdasan Buatan   - JPNN.com Jakarta
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah menyiapkan 10 unit kendaraan yang dilengkapi kamera tilang elektronik. Foto: ANTARA/Twitter/@TMCPoldaMetro

jakarta.jpnn.com, KEBAYORAN LAMA - Sepuluh mobil patroli tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/E-TLE) portabel (mobile) dilengkapi dengan kecerdasan buatan sehingga mampu mendeteksi pelanggaran lalu lintas secara otomatis.

"E-TLE mobile ini sudah dilengkapi dengan AI," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman di Jakarta, Jumat (28/10).

Latif mengungkapkan jenis pelanggaran lalu lintas yang bisa dideteksi oleh kecerdasan buatan tersebut antara lain tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, melawan arus lalu lintas, melanggar rambu, sepeda motor bonceng tiga dan pelanggaran ganjil genap.

Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan sepuluh mobil patroli E-TLE portabel dan mulai beroperasi pada 6 Desember 2022.

Fokus utama E-TLE portabel adalah berpatroli di rute dan jalan yang belum terpasang kamera E-TLE statis.

Latif menegaskan bahwa penambahan ETLE tersebut bukan untuk menilang masyarakat, namun demi keselamatan masyarakat selama beraktivitas di jalanan umum.

"ETLE portabel kami ingin banyak menilang, tidak, tapi mari kita beraktivitas dengan produktif tanpa mengganggu keselamatan orang lain dan diri sendiri," katanya. 

Saat ini Ditlantas Polda Metro Jaya telah mengoperasikan 57 titik kamera E-TLE statis di Jakarta.

Polda melengkapi mobil tilang elektronik dengan kecerdasan buatan, simak selengkapnya
Facebook JPNN.com Jakarta Twitter JPNN.com Jakarta Pinterest JPNN.com Jakarta Linkedin JPNN.com Jakarta Flipboard JPNN.com Jakarta Line JPNN.com Jakarta JPNN.com Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jakarta di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia