Polda Libatkan Apsifor Usut Misteri di Kalideres

Selasa, 22 November 2022 – 08:22 WIB
Polda Libatkan Apsifor Usut Misteri di Kalideres - JPNN.com Jakarta
Petugas Puslabfor memeriksa rumah tempat penemuan empat mayat dalam satu keluarga di Perumahan Citra 1 Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (13/11/2022). Foto: ANTARA/Walda

jakarta.jpnn.com - JAKARTA BARAT - Polda Metro Jaya melibatkan Asosiasi Psikologi Forensik (Apsifor) Indonesia untuk mengusut kasus meninggalnya satu keluarga berjumlah empat orang di Kalideres, Jakarta Barat.

"Autopsi psikologis bertujuan untuk mengidentifikasi profil psikologis dari anggota keluarga yang ada di tempat kejadian perkara tersebut," kata Pengurus Pusat Apsifor Nathanael Sumampaw di Jakarta, Senin (21/11).

Nathanael mengatakan hal yang akan dipelajari oleh tim psikologi forensik adalah interaksi satu sama lain, interaksi bersama masyarakat sekitar, dan interaksi dengan anggota keluarga yang mengenal mereka.

"Kami mencoba mengenali apa ciri psikologisnya, karakter khas dari masing-masing anggota keluarga tersebut, pola tingkah lakunya, karena ini menjadi data yang penting untuk kami memahami kasus ini," ujarnya.

Dia mengatakan tim juga akan mempelajari TKP dan memeriksa sejumlah barang yang ditemukan di lokasi, khususnya buku-buku dan dokumen.

Semua hal yang ditemukan oleh tim psikologi forensik akan dirangkum dan diserahkan kepada penyidik dengan harapan bisa menjadi salah satu petunjuk untuk mengungkap kasus.

Penemuan tewasnya satu keluarga itu berawal ketika ketua RT setempat mencium bau busuk dari dalam rumah korban pada Kamis (11/10) sekitar pukul 18.00 WIB.

Ketua RT langsung melapor ke Polsek Kalideres terkait temuan bau busuk itu. Bersama polisi, ketua RT akhirnya memaksa masuk ke dalam rumah tersebut.

Polda Metro Jaya memastikan analisis awal terkait satu keluarga yang ditemukan tewas di Kalideres, bukan disebabkan oleh kelaparan.
Facebook JPNN.com Jakarta Twitter JPNN.com Jakarta Pinterest JPNN.com Jakarta Linkedin JPNN.com Jakarta Flipboard JPNN.com Jakarta Line JPNN.com Jakarta JPNN.com Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jakarta di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia