Pemprov DKI Pagari Tebet Eco Park, Ini Alasannya

Senin, 19 Desember 2022 – 16:11 WIB
Pemprov DKI Pagari Tebet Eco Park, Ini Alasannya - JPNN.com Jakarta
Warga bermain di area Tebet Eco Park, Jakarta, Senin (15/8/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka kembali Tebet Eco Park setelah ditutup sementara sejak Juni 2022 untuk perbaikan dan perawatan fasilitas taman. FOTO: ANTARA/Reno Esnir/aww.

jakarta.jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus meningkatkan kenyamanan pengunjung di Tebet Eco Park. Salah satunya dengan memagari sekeliling taman.

Pemagaran keliling ini dilakukan untuk menjaga agar vegetasi tumbuh-tumbuhan yang ada di lokasi mengalami kerusakan akibat padatnya pengunjung.

“Dengan adanya pemagaran ini, masyarakat lebih nyaman saat berkunjung Tebet Eco Park (TEP),” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI M Fajar Sauri di Jakarta, Senin.

Pemagaran dilakukan berdasarkan hasil evaluasi terhadap kondisi taman dengan memperhatikan masukan pengunjung selama masa uji coba pembukaan taman itu pada Juni 2022.

Saat itu, kenyamanan tidak tercapai akibat pengunjung melebihi kapasitas taman, ditambah munculnya Pedagang Kaki Lima (PKL) liar, parkir liar, kerusakan tanaman, lingkungan sekitar taman menjadi kotor, serta faktor sosial lainnya.

Ia menjelaskan pagar berbahan baja itu dibangun permanen sepanjang sekitar 1.700 meter persegi yang mengelilingi seluruh taman dan ditargetkan selesai pada Maret 2023.

Pemagaran ini tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), melainkan melalui skema Surat Persetujuan Penunjukan Penggunaan Lokasi atau Lahan (SP3L) yang merupakan kewajiban bagi pengembang saat melakukan pembangunan kawasan di atas lahan seluas 5.000 meter di Jakarta.

Izin prinsip terkait pembangunan pagar dan pemasangan sensor jembatan di Tebet Eco Park, kata dia,juga telah terbit pada September 2022.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan kenyamanan pengunjung dan menjaga sarana prasarana yang tersedia di Tebet Eco Park.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jakarta di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia